Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia 2012

Tanggal 8 Mei merupakan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia. Hari jadi tersebut diambil dari hari lahirnya Sang Pencetus Palang Merah itu sendiri yang sekarang dikenal sebagai Bapak Palang Merah Dunia, Henry Dunant. Awalnya Henry Dunant adalah seorang pengusaha dan aktivis sosial dari Swiss. Dia mempunyai pemikiran untuk membentuk palang merah ketika dia melakukan perjalanan bisnis. Dalam perjalannya tersebut, Henry Dunant sempat menyaksikan akibat-akibat dari pertempuran di Solferino (Italia). Dari pengalamannya tersebut, Henry Dunant menulis sebuah buku yang diberi judul Memory Of Solferino (Kenangan Solferino), dan dari buku inilah yang menginspirasi pembentukan International Committee of the Red Cross (ICRC) / Komite Internasional Palang Merah pada tahun 1836.

Sedangkan di Indonesia, palang merah berdiri pada tanggal 17 September 1945 yang diawali oleh pembentukan panitia yang terdiri dari 5 orang oleh Presiden Soekarno. Drs. Moh. Hatta yang waktu itu menjadi wakil presiden langsung diberikan kepercayaan untuk menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), itulah sebabnya Drs. Moh. Hatta dikenal sebagai Bapak PMI.

Dalam memperingati hari Palang Merah dan Bulan Sabit Sedunia, PMI mengadakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu menggelar Parade Lampion Palang Merah, menggelar acara tabur bunga di makam Bapak Moh. Hatta, serta mendukung Aksi Sosial Donor Darah yang dilaksanakan oleh Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang diadakan di 14 propinsi.

0 comments:

Post a Comment